SHARING A STORY FOR CREATING THE FUTURE

Ingin Kuliah? Wajib Ketahui ini

Hola, atau halo sih??
Baru lulus kuliah atau ingin kuliah? bingung pilih jurusan atau kampus? jangan bingung, pada postingan kali ini akan memberikan beberapa referensi yang bermanfaat yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kampus, tetapi semua yang utama balik kekalian lagi lah.

Cikarang, 20 Agustus 2019.
Beberapa hari yang lalu, kemenristek baru saja merilis beberapa cluster atau rangking vokasi dan non-vokasi perguruan tinggi di Indonesia. Sebenarnya, apasih itu?

Rank non-vokasi adalah perangkingan universitas di Indonesia, yang termasuk didalamnya adalah Universitas, Institut dan sekolah tinggi, sedangkan Vokasi digunakan untuk politeknik maupun akademi.

Contoh non-vokasi yang terkenal di Indonesia
1. Universitas Indonesia
2. Institut Teknologi Bandung
3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Contoh vokasi yang terkenal
1. Akademi Militer
2. Politeknik Negeri Bandung

itu adalah beberapa contoh, tapi bukan bermaksud mengurutkan rangking ya, so kita balik lagi untuk mencari referensi




Web ini adalah website dari kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi, tentu saja ini adalah offcialnya. Di dalam web ini kalian tentu akan menerima banyak sekali informasi-informasi terkait pendidikan tinggi, setiap tahun juga Ristekdikti mengeluarkan cluster (pengelompokan perguruan tinggi berdasarkan rangkingnya) dan Tahun ini baru saja dikeluarkan, untuk informasi officalnya dapat dilihat pada web ristekdikti



2. Badan Akreditasi Nasional https://www.banpt.or.id

Kedua adalah BAN PT. Siapa yang tidak tau, jika ingin melihat akreditasi perguruan tinggi yang ingin kalian ketahui inilah web yang cocok untuk melihatnya, caranya mudah, kalian tinggal masuk aja, kemudian ketikan prodi/perguruan tinggi yang ingin dilihat akreditasinya. Akreditasi disini kategori A/B ataupun C untuk lebih jelasnya bisa langsung ke web banpt



3. LAM-PTKes https://lamptkes.org/


Lemabaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia. Banyaknya sekolah tinggi kesehatan di Indonesia tentu menjadi pilihan yang berat, untuk itu ada lembaga akreditasi mandiri yang hadir untuk menjawab itu. Buat kalian yang ingin kuliah kesehatan, tapi bingung pilhan tidak ada salahnya jika lamptkes adalah salah satu referensi yang dapat digunakan.






Bingung karena biaya kuliah mahal? web ini wajib kalian ketahui. Umumnya biaya kuliah dicantum di web kampus masing-masing, tetapi biasanya juga tidak ada, tidak ada salahnya menggunakan salah satu maupun kedua web ini untuk melihat biaya kuliah yang ada, tentu hal ini menjadi hal penting bagi kuliah mandiri agar dapat disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing.



Web ini unik sekali, karena menampilkan rating, review dan beberapa aspek yang ditampilkan didalamnya, cocok sekali buat kalian yang suka akan data

penampakan youthmanual(1)

penampakan youthmanual(2)


langsung sedot aja


6. Top Universities / 4Icu / Webometrics
Ini adalah referensi terakhir lainnya, tidak ada salahnya untuk melihat lagi kembali kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Memang berat menentukan kuliah dimana, itu sama saja dengan menentukan masa depan kalian.


Top Universities adalah website yang melakukan perangkingan berdasarkan 
IndikatorBobot
Tinjauan antar akademisi40%dilakukan oleh para akademisi secara global
Rasio fakultas/jurusan dan mahasiswa20%perbandingan mahasiswa dan fakultas maupun jurusan
Citasi fakultas20%banyaknya citasi yang dimiliki fakultas/jurusan
Reputasi pegawai10%reputasi tenaga pendidik
Rasio mahasiswa internasional5%perbandingan antara mahasiswa lokal dan internasional
rasio pegawai internasional5%perbandingan antara pegawai biasa dan internasional



4Icu sama seperti lainnya dalam ranking ini, tetapi sistem pemeringkatan dilakukan menggunakan uniRank University Ranking yang sudah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Ranking and Excellence. Sistem algoritma yang digunakan berdasarkan pada 5 website netral dan independen yang diekstraksi, yakni Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow. Data yang digunakan untuk pemeringkatan diambil dari pekan yang sama untuk meminimalisasi fluktuasi yang ada dan memaksimalkan pembandingan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seperti Ini Aspek dan Metode Penilaian 4ICU dalam Pemeringkatan Universitas ", https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/27/14222681/seperti-ini-aspek-dan-metode-penilaian-4icu-dalam-pemeringkatan-universitas?page=all. 
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary





Terakhir adalah Webometrics, bukan karena paling jelek paling bawah, tetap bisa jadi referensi kok.

Visibility (V): Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.
Size (S): Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.
Rich Files (R):  Volume file yang ada di situs Universitas dimana format file yang dinilai layak masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.
Scholar (Sc): Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya.





=================================================
Oke, tadi itu semuanya yang dapat digunakan untuk mencari kuliah yang baik, semua itu kembali ke kalian lagi mau pilih yang mana, saya hanya membantu disini.

Semoga postingan ini bermanfaat ya, jangan lupa komentar atau request mengenai apapun yang kalian inginkan didalam blogspot ini :)
================================================





0 komentar:

Post a Comment

Ingin Kuliah? Wajib Ketahui ini