SHARING A STORY FOR CREATING THE FUTURE

Hati-Hati Jangan Foto Sembarangan

Kemajuan teknologi informasi sangat rentan dan bahaya sekali bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang tidak mengerti bagaimana pengunaan teknologi informasi dan komunikasi. Dampaknyapun luar biasa, mulai dari yang positif yaitu kemudahan akses informasi hingga yang negatif sekalipun, seperti pencemaran nama baik maupun penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Saat ini, jika kalian mengetahui namanya teknologi fintech yaitu finance technologi adalah suatu bentuk usaha bisnis yang bergerak di sektor keuangan digital, mudahnya adalah mempermudah kita melakukan transaksi bahkan meminjam uang. Ehm, kok bisa ya, kok mereka mau ya. Hanya bermodalkan foto ktp dan muka saja mereka berani meminjamkan uang mulai dari 1 rupiah hingga limit tertinggi adalah 30 juta rupiah. Bagi kalian yang sudah pernah dengar aplikasi kre***o, fi***s, kre*******at, kre*******tar, dig***nk, cas*****on, dan masih banyak lagi dengan jaminan bunga mulai dari 0,31% perhari hingga 3% perbulan.

Tentu ini sangat bermanfaat tetapi berhati-hatilah kalian jika tiba-tiba data kalian digunakan orang sembarangan. Wah kok bisa ya? baru-baru ini saya menemukan suatu modus yang benar-benar baru saya lihat. Modusnya adalah berupa penjualan produk smartphone secara online dengan harga miring yang membuat kita percaya jika produk tersebut dijual di Sh***e. Salah satu modus yang ditemukan adalah menjual smartphone merek oddo x find 8gb/256gb dengan discount sebesar 96% off. bayangkan saja, gila benar kan?
setelah itu sipenjual meminta melanjutkan percakapan melalui whatsapp dan disitulah terjadi modus penipuan. Penjual akan meminta kita untuk melakukan foto ktp dan kk, selain itu juga, transfer diluar rekening Sh***e. Bahaya sekali, jangan sekali-sekali kirimkan foto dengan pose seperti ini, karena data rawan digunakan untuk pinjaman uang secara fintech. Pose foto tersebut biasanya digunakan untuk melakukan verifikasi akun pinjaman online yang digunakan pada aplikasi kre***o, fi***s, kre*******at, kre*******tar, dig***nk, cas*****on, dan masih banyak lagi.

Kalian perlu waspadai modus penipuan seperti itu. intinya jangan murah percaya untuk discount" apalagi hingga harga tidak masuk akal sampai discount sebesar 96%




0 komentar:

Post a Comment

Next Older Post
Hati-Hati Jangan Foto Sembarangan